Kamis, 25 Oktober 2012

Tokoh Betawi


Dibawah ini nama tokoh-tokoh dari etnis betawi:
1.      Agamawan

K.H Zainuddin MZ

Zainuddin Hamidi atau yang lebih dikenal dengan seagai K.H Zainuddin MZ lahir di Jakarta, 2 Maret 1952 – meninggal di Jakarta, 5 Juli 2011 pada umur 59 tahun adalah seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang populer dan pernah menjabat sebagai ketua umum Partai Bintang Reformasi.

2.      Aktivis dan pejuang

Si Pitung

Kisah Si Pitung menggambarkan sosok pendekar Jakarta dalam menghadapi ketidakadilan yang ditimbulkan oleh penguasa Hindia Belanda pada masa itu. Kisa ini diyakini nyata keberadaannya oleh para tokoh masyarakat Betawi terutama di daerah Kampung Marunda di mana terdaoat Rumah dan Masjid lama.


3.      

Artis
Akri 

Muhammad Akrie Falaq, biasa dikenal dengan nama Akrie atau Akri, lahir 4 Mei 1969, adalah pelawak dan aktor Indonesia. Akrie mulai dikenal sejak bergabung bersama Eko dan Parto yang tergabung dengan kelompok lawak Patrio. Sebelumnya, lulusan Uhamka (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA), Jakarta, Fakultas Sastra dan Seni Bahasa Indonesia ini menjadi penyiar di Radio SK. Di sana pula dirinya bertemu dengan Eko dan Parto dan mendirikian Patrio pada tahun 1994. Selain tampil melawak bersama Patrio, ia juga tampil dalam beberapa sinetron.

4.      Menteri dan Penjabat Tinggi Daerah


SuryadharmaAli


Drs. Suryadharma Ali Msi, lahir di Jakarta, 19 September 1956, adalah Menteri Agama Indonesi sejak 22 Oktober 2009. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada Kabinet Indonesia Bersatu. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, pada tahun 1984. Pada tahun 1985 ia berkarier di PT. Hero Supermarket, hingga tahun 1999 dimana ia menduduki posisi Deputi Direktur perusahaan ritel tersebut. Selain itu ia juga aktif di berbagai organisasi ritel di Indonesia.

5.      Militer dan Kepolisian

Nachrowi Ramli
Mayor Jenderal (Purn) H. Nachrowi Ramli, lahir di Jakarta, 12 Juli 1951, adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat DKI Jakarta. Ia yang akrab dipanggil Bang Nara ini adalah putra Jakarta yang lahir dan besar di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. Ia aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan di Jakarta, antara lain sebagai Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) dan Ketua Dewan Penasehat Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi). Ia juga memiliki kegemaran mendalami silat Betawi.

6.      Pahlawan Nasional


Ismail Marzuki

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mei 1914 – meninggal di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta, 25 Maei 1958 pada umur 44 tahun, adalah salah seorang komponis besar Indonesia. Namanya sekarang diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

7.      Politisi

Fauzi Bowo


Dr. -Ing. H. Fauzi Bowo lahir di Jakarta, 10 April 1948, adalah Gubernur Jakarta dari 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012. Ia terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2007 dan berpasangan dengan Prijanto. Pasangan ini mengalahkan pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar yang pada waktu itu didukung oleh satu partai saja. Sebelum menjadi gubernur, Fauzi Bowo menjabat wakil gubernur mendampingi Sutiyoso. Fauzi Bowo digantikan oleh Joko Widodo yang terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2012.


8.      

Sastrawan dan Penulis

SM Ardan

Syahmardan lahir di Medan, 2 Februari 1932 – meninggal di Jakarta, 26 November 2006, adalah sastrawan dan tokoh betawi. Dikenal sebagai penyair, cerpenis, novelis, esais dan penulis drama. Kebangkitan lenong, topeng betawi dan lain-lain tidak lepas dari tangannya.

9.      Seniman, Budayawan dan Sutradara

Deddy Mizwar

Dedd Mizwar, lahir di Jakarta, 5 Maret 1955, adalah seorang aktor senior dan sutradara Indonesia. Ia adalah Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional periode 2006-2009.



Benyamin Sueb

Lahir Kemayoran Jakarta, 5 Maret 1939, adalah seorang seniman betawi yang bergelut dalam dunia perfilman di Indonesia, baik sebagai penyanyi atau menjaddi seorang pemain film.


Mandra



Lahir Cibubur, Ciracas, 2 Mei 1965, adlaah seorang seniman betwai yang kariernya melesat maju di dunia perfilman Indonesia.
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar